Senin, 11 Januari 2016

Jurnal Kepuasan Kerja


TUGAS
REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA

Psikologi Manajemen

Dosen Pengampu
Ade Irma Suryani

Disusun Oleh Kelompok Melati

Ade Nurul Oktaviana (10513148)
Jojor Lamria (14513665)
Mariska Wisnu Dwipratiwi (15513298)
Widya Anissa Wiranti (19513264)
Yulia Wirantri Farhani (19513569)


Kelas
3PA02







REVIEW JURNAL KEPUASAN KERJA

Judul Jurnal                             : ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA                                                    TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN                                                     PENDEKATAN KANSEI ENGINEERING                                                     PERUSAHAAN XYZ
Nama Jurnal                            : Jurnal Teknologi Industri Pertanian
Volume, Nomor, Halaman      : Volume 35, Nomor 1, 78-87
Tahun                                      : Februari 2015
Penulis                                     : Riza Ovita Risqi, Mirwan Ushada, Wahyu Supartono



I. LATAR BELAKANG
Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini menuntut perusahaan agar dapat terus bertahan dan bersaing serta mampu memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara
optimal. Beberapa cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk menghadapi kondisi ini antara lain adalah mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif, berkualitas tinggi serta mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimilki oleh perusahaan dengan baik. Salah satu sumber daya tersebut adalah karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan harus mampu memotivasi karyawan dengan menciptakan kepuasan yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan adalah beban kerja yang dapat diukur melalui denyut jantung. Kondisi denyut jantung yang semakin tinggi menunjukkan beban kerja yang tinggi pula. Beban kerja yang tinggi serta diimbangi dengan balas jasa yang tidak seimbang yang diberikan oleh perusahaan akan dapat mengurangi kepuasan kerja karyawan. Hal tersebut apabila dibiarkan terus menerus maka dapat menimbulkan ketidakpuasan dari karyawan yang dapat berpengaruh terhadap kinerja yang dihasilkan. Terdapatnya kompleksitas berbagai faktor dalam sistem kerja seperti beban kerja dan lingkungan kerja dapat menimbulkan gap terhadap kepuasan kerja. Ushada dkk. (2013a) dan Zuriwiatma dkk. (2014) telah mengidentifikasi adanya gap antara yang dideskripsikan secara verbal dalam kuesioner dengan parameter fisiologis dalam sistem kerja agroindustri. Ushada dkk. (2013b) telah merekomendasikan pendekatan Kansei Engineering untuk melakukan pengukuran sistem kerja agroindustri.


II. TUJUAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di bagian produksi divisi furniture and lighting dengan menggunakan pendekatan Kansei Engineering.


III. METODE PENELITIAN
  1. Metode Kuesioner
  2. Metode Eksperimental
  3. Metode Analisis


IV. HASIL PENELITIAN
Hasil permodelan menunjukkan kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh lima faktor kepuasan kerja dan beban kerja secara serentak. Berikutnya uji parsial kinerja karyawan hanya dapat dipengaruhi secara parsial oleh faktor fisiologis dan keselamatan keamanan kerja. Sedangkan faktor sosial, penghargaan, aktualisasi diri dan beban kerja diketahui tidak dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara parsial.


V. KESIMPULAN

Berdasarkan hasil kuesioner, tingkat kepuasan kerja karyawan bagian produksi divisi furniture and lighting untuk faktor fisiologis, faktor keselamatan keamanan, dan faktor penghargaan menunjukkan cenderung kurang puas, sedangkan faktor sosial dan aktualisasi diri menunjukkan cenderung puas. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, diperoleh nilai adjusted r square sebesar 44,1% yang menunjukkan bahwa kinerja karyawan sebagai variabel Y dipengaruhi oleh kepuasan dan beban kerja sebagai variabel X sebesar 44,1%. Persentase sisanya sebesar 55,9% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top