Kamis, 14 November 2013

Inovasi Manusia : "Manfaat Tempurung Kelapa"

Pohon kelapa memang serbaguna dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari akar, batang, daun, buah, tempurung ( batok) , hingga pelepahnya, semua bisa dimanfaatkan. Salah satunya tempurung kelapa, kendati bagi sebagian orang dianggap limbah, namun di tangan-tangan kreatif, tempurung/ batok kelapa ternyata bisa dikreasi menjadi aneka jenis kerajinan yang bernilai jual tinggi, bahkan bisa menembus pasar ekspor.  kelapa selain dapat dikonsumsi daging untuk dijadikan kopra,minyak dan santan untuk keperluan rumah tangga dan airnya yang untuk diminum.sedangkan hasil lainnya seperti tempurungnya belum banyak dimanfaatkan apalagi kalau isinya sudah kosong sering kali hanya akan dibuang begitu saja oleh masyarakat. ternyata tempurung kelapa juga bisa dimanfaatkan . Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang . Tempurung kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi menjadi barang-barang kerajinan tangan. Tempurung kelapa yang sudah tidak terpakai ini meruapakan bahan baku dari kerajinan tempurung kelapa,.
misalnya tas,
tas dari tempurung kelapa sangat disukai dari kalangan remaja maupun orang dewasa, dari bentuk ukirannya yang artistik.
selain itu tempurung kelapa juga bisa dibuat menjadi alat-alat dapur, 
seperti: sendok sayur, centong nasi, gayung air, dll; 
juga bisa menjadi Pernak pernik, 
seperti pin, hiasan baju, kancing baju, dll
 Handycraft; dan masih banyak lagi.

Cara-cara pembuatannya
          Cara membuat kerajinan batok kelapa dimulai dengan membersihkan tempurung kelapa dari serabut-serabut kasar yang ada diluar tempurung kelapa dan setelah itu diamplas menggunakan amplas kasar hingga halus, kemudian sesuai kreasi yang diinginkan dengan menghaluskan dan menambah cat plitur atau penis gar tempurung mengkilat, bias juga diukir diberi hiasan dan di pigura dasar agar menghasilkan sebuah hiasan yang bagus.

-         cara pembuatan tas dari tempurung kelapa 

1. siapkan bahan-bahan seperti tempurung kelapa,gergaji besi, amplas kasar-halus,pensil, bor untuk melubangi, vernis,kuas,tali.
2.bersihkan bagian-bagian kasar pada luar tempurung kelapa menggunakan parang atau pisau, pastikan sampai  tidak ada serabut kelapanya.
3.setelah dibersihkan lalu diamplas menggunakan amplas kasar hingga halus.
4.setelah diamplas,lalu membuat sisi kiri dan kanan dengan dipotong menggunakan gergaji besi.
5.jika sudah dipotong menjadi dua lalu diamplas lagi memggunakan amplas halus supaya licin. 
6.setelah itu oleskan vernis menggunakan kuas supaya warnanya lebih bagus.
7.lalu kita  mensatukan kedua tempurung yang sudah divernis dengan cara dilubangi bagian pinggir tempurung kelapa menggunakan bor. 
8.jahit resleting dan rekatkan kain pada bagian dalam tempurung kelapa pastikan kain tersebut menghubungkan satu tempurung dengan tempurung lainnya. 
9.yang terakhir pasangkan tali pada pinggir tempurung yang sudah dilubangi ,dan selesai.

- Cara membuat asbak dari tempurung kelapa
1.siapkan bahan-bahan seperti 1 butir kelapa tua, gergaji besi, baut ,amplas, cat ,kuas  , bor kayu.
2. Bersihkan kelapa tua (kering), ambil tempurungya. Kemudian bersihkan serabut-serabut yang masih menempel. Haluskan permukaan tempurung kelapa menggunakan amplas. Kalau permukaannya masih kasar, Anda bisa haluskan pakai  beling (pecahan botol).
3. Belahlah tempurung kelapa menjadi dua bagian yang tidak sama besar menggunakan gergaji. Belahlah dengan hati-hati, karena tempurung kelapa rawan pecah. Kemudian keluarkan isinya menggunakan sendok atau parang.
4. Bagian yang besar akan dijadikan kaki asbak dan yang kecil dijadikan penampung abu rokok.Lubangi bagian bawah kelapa dengan bor kayu ataupun besi panas (ukuran lubang sesuaikan dengan ukuran baut). Lalu, kancingkan bagian kaki dengan penampung.
5. Setelah itu asbak tersebut bentuknya akan terlihat menyerupai mangkuk. Sebelum di cat, haluskan permukaan tempurung menggunakan amplas sekali lagi.
6. Kemudian Anda bisa mengecat permukaan asbak menggunakan cat. dan diukir sesuai keinginan.

- cara membuat gantungan kunci dari tempurung kelapa
1. Siapkan bahan-bahan seperti temputung kelapa cat timbul, tali kecil lem, bor listrik, gergaji triplek.
2.Bersihkan tempurung kelapa dari serbuk-serbuk kasar dan amplas menggunakan amplas kasar hingga halus , beri pola batok kelapa yang sudah halus dengan spidol, kemudian potong dengan gergaji triplek yang sudah kita siapkan.
3.Potong sesuai pola, kemudian pinggir-pinggir bekas potongan tadi kita amplas lagi agar tidak mudah melukai tangan. karena tempurung kelapa biasa menjadi sangat tajam bila tidak diamplas.
4.Lubangi bagian atas permukaan pola yang kita buat dengan bor listrik untuk mengaitkan ring atau rantai gantungan.
5.Hias permukaan atas gantungan kunci dengan menggunakan cat timbul aneka warna sesuai kreasi dan rasa seni yang kita miliki.
6.Pada tepi gantungan kunci menggunakan tali kecil, rekatkan dan lem, dan beri gantungan.         


- cara pembuatan gayung dari tepurung kelapa
1. siapkan bahan-bahan seperti tempurung kelapa,kayu bekas,gergaji,pisau,cat/pernis,amplas
2. Ambillah batok kelapa yang sudah tidak digunakan, kemudian bersihkan bagian luan dan dalamnya.
3. Setelah dibersihkan, potoglah batok kelapa dengan gergaji secara hati-hati agar tidak pecah (potong sesuai ukuran yang anda mau)
4.   Amplas bagian luar dan dalam batok kelapa sampai halus
5.      Buatlah lubang pada batok kelapa kira-kira berdiameter 2-3 cm di bagian samping kelapa
6.      Kemudian ambil kayu bekas dan amplas sampai halus, lalu sesuaikan diameter kayu bekas dengan lubang kelapa yang dibuat tadi, panjang kayu kira-kira 20-30 cm
7.      Setelah selesai berilah lem pada bagian lubang supaya kayu tidak mudah lepas
8.      Kemudian pernis/cat batok kelapa sesuai kemauan.

-         Cara membuat gayung dari tempurung kelapa.
Gayung yang dibuat dari tempurung kelapa yang sudah  dibersihkan dari serabut-serabut kasar,lalu diamplas menggunakan amplas kasar lalu diberi cat pernis agar terlihat bagus. Kemudian, tempurung itu diikat pada kayu yang dijadikan sebagai tangkainya. Selain digunakan untuk mengambil air, gayung dapat pula digunakan untuk mandi dan menyiram tanaman dipekarangan rumah. Ukuran gayung ini basanya lebih kecil dari tangkainya lebih pendek.
-         Cara membuat pin jilbab dari tempurung kelapa
Untuk membuat pin jilbab dengan menggunakan tempurung kelapa, maka bahan-bahan yang diperlukan adalah tempurung kelapa amplas yang halus dan yang kasar, gergaji kecil, lem kayu, melamin dan dempul.
Ambilah tempurung kelapa yang disiapkan untuk kerajinan tangan. haluskan menggunakan amplas kasar. Sehingga tidak ada lagi serabut-serabut kelapa yang menempel.
Bila sudah dibersihkan, potonglah tempurung kelapa sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Disini, anda mesti menentukan seperti apa pin jilbab yang diinginkan. Jika berbentuk bulat, maka gambarlah bentuk bulat. Kemudian, gergaji tempurung kelapa dengan mengikuti garis yang bentuk pin yang dibuat.
Potong bentuk pola yang diinginkan, coba perhatikan apakah ada yang ingin ditambahkan sehingga melahirkan kreasi baru. Jika ada, gunakan lem kayu untuk menambah bagian sisi-sisi yang difungsikan menyatukan pola pin yang dibuat dengan tambahannya. Jika sudah terikat dengan lem amplas kembali menggunakan amplas yang halus,lalu gunakan dempul dan melamin. Setelah itu catlah batok kelapa agar lebih menarik.

Dari tempurung kelapa biasa ada juga manfaat tempurung kelapa sawit. Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting. Cangkang sawit merupakan bagian paling keras pada komponen yang terdapat pada kelapa sawit. Saat ini pemanfaatan cangkang sawit di berbagai industri pengolahan minyak CPO belum begitu maksimal. Ditinjau dari karakteristik bahan baku, jika dibandingkan dengan tempurung kelapa biasa, tempurung kelapa sawit memiliki banyak kemiripan. Perbedaan yang mencolok yaitu pada kadar abu (ash content) yang biasanya mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan oleh tempurung kelapa dan cangkang kelapa sawit. Dari perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak perkebunan lama maupun hutan dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit terbesar didunia.dari kelapa sawit banyak yang dapat dimanfaakan,bukan hanya kelapa sawitnya saja ,cangkang atau tempurung kelapa sawit juga menjadi komoditi bisnis yang banyak menghasilkan serta membantu masyarakat dalam meningkatkan sumber penghasilan. bagi industri, rumah tangga maupun usaha tempurung sawit memiliki kegunaan. Diantaranya bernilai ekonomi tinggi misalnya asap cair, briket arang , tepung tempurung, kegunaan tempurung sawit itu sendri sebagai bahan bakar untuk boiler ,sebagai bahan baku arang ,bahan campuran untuk makanan ternak, tempurung kelapa sawit dipakai sebagai pengeras jalan/pengganti aspal khususnya di perkebunan sawit .
Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi maka beberapa hasil samping pertanian kelapa serta sawit seperti tempurung, sabut, serta cangkang sawit dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, seperti arang tempurung kelapa yang sangat potensial untuk diolah menjadi arang aktif. Dengan meningkatnya produksi arang aktif yang menggunakan bahan dasar tempurung kelapa maka akan mengakibatkan terjadinya pencemaran udara karena adanya penguraian senyawa-senyawa kimia dari tempurung kelapa pada proses pirolisis. Pada proses pirolisis juga dihasilkan asap cair, tar dan gas-gas yang tak terembunkan. Asap cair yang merupakan hasil sampingan dari industri arang aktif tersebut mempunyai nilai ekonomi yang tinggi jika dibandingkan dengan dibuang ke atmosfir. Asap cair diperoleh dari pengembunan asap hasil penguraian senyawa-senyawa organik yang terdapat dalam kayu sewaktu proses pirolisis. Penggunaan asap cair terutama dikaitkan dengan sifat-sifat fungsional asap cair, diantaranya adalah sebagai antioksidan, antibakteri, antijamur, dan potensinya dalam pembentukan warna coklat pada produk. Asap cair dapat diaplikasikan pada bahan pangan karena dapat berperan dalam pengawetan bahan pangan. Tujuan semula dari pengasapan adalah menghambat laju kerusakan produk. Namun dalam perkembangannya tujuan pengasapan tidak hanya itu, tetapi lebih ditujukan untuk memperoleh kenampakan tertentu pada produk asapan dan citarasa asap pada bahan makanan.
-         Cara pembuatan asap cair dari tempurung kelapa sawit
Bahan dan alatnya adalah tempurung kelapa, drum, kompor, pipa penyalur asap, drum penampung asap, kondensor, penampung cairan
Masukan semua tempurung kelapa kedalam drum tertutup yang terhubung pipa penyalur asap. Bakar hingga 6-8 jam. Asap akan keluar melalui pipa dan masuk ke dalam drum ke penampungan asap. Asap akan mulai mengembun dan menjadi cairan jadilah asap cairan. Asap cair yang dihasilkan masih berupa asap grade C (masih mengandung ter sehingga berwarna coklat pekat) cocok untuk penggumpalan karet dan pengawetan kayu.

Dari kreatifitas tangan-tangan kreatif ini ,tidak sedikit yang menyukai barang kerajinan ini karena terbuat dari ukiran, warna, juga keunikan dari bahan baku yang dibuat seperti tempurung atau yang sering disebut batok kelapa.

1 komentar:

  1. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih , makasih buat tutornya
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus

Back to top