Kamis, 30 Juni 2016

Terapi Kelompok


Selama bertahun-tahun, terapi kelompok dipraktekan sebagai metode pilihan oleh hanya segelintir terapis khusus. Terutama karena beban kasus mereka begitu berat sehingga terapi kelompok adalah sarana satu-satunya yang bisa mereka lakukan untuk menangani beban pasiennya. Terapis lain menggunakan terapi kelompok sebagai teknik pelengkap. Bukannya melihat pilihan kedua atau bentuk pengobatan tambahan, bagaimanapun, metode kelompok kini telah mencapai visibilitas jauh lebih baik.
            Salah satu penggunaan metode formal terapi kelompok yang pertama adalah Joseph H. Pratt’s (1905), merupakan pendekatan yang inspirational yang digunakan dalam perkuliahan dan diskusi kelompok untuk membantu mangangkat semangat pasien depresi dan meningkatkan kerjasama mereka dengan rejimen medis.
Tokoh utama dalam gerakan kelompok itu J.L Moreno (1900 dan pada tahun 1925) memperkenalkan psikodrama ke amerika serikat. Moreno juga menggunakan terapi kelompok panjang.


Ada kelompok terapi berdasarkan
Ø Prinsip Psikoanalitik
Ø Prinsip terapi Gestalt
Ø Prinsip-prinsip terapi perilaku
Ø Dan jenis terapi lainnya

Pendekatan terapi kelompok yang berbeda terlihat dari asal teoritis yang berbeda dan deskripsi dari terapi kelompok yang ditulis dalam berbagai bahasa teoritis.

Sejumlah fitur lain yang patut diperhatikan menurut Budman (1996) waktu yang efektif, psikoterapi kelompok :
·      Memiliki fokus interpersonal
·      Membutuhkan pemimpin untuk secara aktif memfasilitasi terapis proses kelompok
·      Waktu yang terbatas untuk mendorong perubahan
·      Tanggung jawab pasien, penetapan tujuan, dan pemantauan kemajuan menuju tujuan
·      Menggunakan tugas pekerjaan rumah untuk mendorong perubahan
·      Memanfaatkan ringkasan sesi untuk mengikat bersamaan proses kelompok, tema berulang, dan kemajuan individu.

Pengobatan kelompok terapi tidak tampak lebih efektif dari pada bentuk-bentuk lain dari psikoterapi. Keuntungan utama dari terapi kelompok adalah bahwa hal itu lebih efisien dan lebih ekonomis, khususnya kelompok pengobatan waktu terbatas.

SUMBER : 

http://karyatulisilmiah.com/terapi-kelompok-terapi-keluarga-terapi-pasangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top