Kamis, 24 Maret 2016

holistik




holistik diambil dari kata whole (menyeluruh) atau dari pandangan holisme (dari bahasa yunani holos, yang artinya semua keseluruhan, total) yaitu suatu pandangan bahwa semuanya disistem alam semesta ini (system fisik, biologis, kimia , social, ekonomi, mental, bahasa,dll) tidak bisa ditentukan atau dijelaskan secara bagian-bagian terpisah saja, tetapi dijelaskan secara keseluruhan.

Sejarah holistik 
Holistik dimulai sebelum istilah holism diperkenalkan oleh Jan Cristiaan Smuts dalam bukunya “Holism and Evoluation”. Holisme saat ini berkembang dalam istilah holistik, yang mengkombinasikan penyembuhan, seni , dan ilmu hidup. Holistik popular dengan cepat ditahun 70-an. Saat ini, penyembuhan holistic sangat dikenal sebagai pendekatan terbaik untuk menyeimbangkan kehidupan dan kesehatan seseorang dengan cara menyatukan aspek fisik, mental, dan spiritualnya sebagai manusia yang utuh.

Contoh praktis holistik adalah 
- Socrates, yang hidup 4 abad sebelum kelahiran kristus. Ia menganut pandangan ini dan mengajarkan bahwa kita harus memandang tubuh sebagai keseluruhan, bukannya bagian yang terpisah.
 - Plato juga mendukung pandangan holistik, menyarankan para dokter bahwa menghormati hubungan antara pikiran dan tubuh adalah sangat penting bagi kesehatan.
Disiplin ilmu holistik terbagi dua , yaitu:


  •   Holistik tradisional

Suatu teknik penyembuhan yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme. Yang termasuk holistik tradisional adalah akupuntur, akupresur, herbal, ayurveda, uropathy, pranic healing, apitherapy dan lain-lain. Gelar para praktisinya bermacam-macam. Ada yang disebut sebagai tabib, sin-se, dukun, dan lain-lain.



  •         Holistik modern

Suatu teknik penyembuhan yang menghubungkan penyembuhan tradisional/kuno dengan teknologi dan sains modern yang memanfaatkan psinsip holism. Yang termasuk ke dalam holistik modern adalah homeopathy, osteopathy, ananopathy, psikologi hipnotis, naturopathy modern, dan lain-lain, gelar praktisinya bermacam-macam sesuai dengan aliran/disiplin ilmunya. Untuk homeopathy, praktisinya disebut sebagai homeopath. Osteopathy, praktisinya disebut sebagai osteopath atau DO (Doctor of Osteopathy) dibelakang nama. Naturopathy, praktisnya disebut sebagai naturopathy atau DN (Doctor of Naturopathy) dibelakang nama. Ananopathy, praktisinya disebut sebagai ananopath (syukur bukan psikopat) atau Dt (Danton) diawal nama.

Perlu diketahui bahwa tidak semua alternative adalah holistik. Jika suatu pengobatan alternatif tidak memandang permasalahan kesehatan sercara menyeluruh, pengobatan tersebut berarti bukan pengobatan holistik.

 sumber :
                http://npid-pass.com/artikel-kesehatan/apa-itu-holistik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top